Takdir Buffon Menjadi Penjaga Gawang

Tepat pada 19 November 2015, Gianluigi Buffon merayakan 20 tahun kariernya setelah melakukan debut Serie A bersama Parma menghadapi AC Milan yang berakhir dengan skor 0-0.

Gianluigi Buffon kini telah genap 20 tahun berkarier di Serie A. Setelah mendapat banyak pujian atas perjalanan kariernya bersama Parma, Juventus, dan tim nasional Italia, kiper berusia 37 tahun itu justru mengaku sebenarnya tidak ingin menjadi seorang kiper.

Sepanjang kariernya, Buffon telah meraih sembilan gelar di level klub dan satu gelar juara dunia bersama Italia pada 2006. Akan tetapi, menjadi kiper bukanlah keinginan utamanya dan dia menyebut semua itu hanya berkat takdir.

“Saya mulai bermain sepak bola sama seperti yang dilakukan oleh semua anak-anak, yaitu bukan sebagai seorang penjaga gawang. Saya sangat suka mencetak gol dan semua hal tentang mencetak gol,” kata Buffon kepada situs resmi UEFA.

“Kemudian sejak usia enam atau tujuh tahun saya bermain di lini tengah bahkan pernah sebagai libero dan jujur saya merasa sangat menyukainya. Tapi tampaknya takdir telah membuat saya menjadi kiper,” tambahnya.

“Ayah menyarankan saya untuk berubah dan mencoba untuk bermain di bawah mistar gawang. Saya selalu suka mencoba suasana dan tantangan yang berbeda. Setelah satu tahun saya memutuskan mencoba bermain di bawah mistar gawang, setelah itu saya selalu bermain sepak bola sebagai kiper.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *